Perkembangan Gabungan pada Keterampilan Mengeja Anak Melalui Dua Bahasa

Authors

  • Wili Astuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Afrin Puspasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Efi Rusdiyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bima Putro Wijayanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Evita Nur Verdiana Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan pengejaan bahasa indonesia dan bahasa jawa siswa, strategi guru serta peran orang tua dalam mengajarkan membaca pada anak. Metode penelitian yaitu kualitatif deskritif.Objek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas satu di SD Djama’atul Ichwan Program Utama Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclution drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Jenis kesalahan pengejaan bahasa indonesia dan bahasa jawa yaitu antara lain yaitu dalam membedakan bunyi. 2) Strategi Strategi yang dilakukan guru dalam mengajarkan anak membaca dengan mengeja pada anak yaitu dengan cara mengenalkan huruf melalui media pembelajaran. 3) Peran orang tua dalam mengajarkan keterampilan membaca pada anak.

References

.....

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles