Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain Kelompok A
Robiah Adawiyah, Elnawati Elnawati, Herwina Bahar, Muhammad Ishaq Gery, Anita Damayanti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Tingkat kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini di suatu lembaga Pendidikan RA Aisyiyah 2 Lebak Siuh,Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menganalisis data terhadap permasalahan sosial emosional anak usia dini, Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang mendorong pertumbuhan kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini. permasalahan yang diteliti akan dideskripsikan dan di analisis dengan sebagaimana hasil dari pengamatan peneliti di lapangan apa adanya tanpa memberikan treatment apapun. Hasil penelitian menggambarkan dan menganalisis bahwa permasalahan sosial emosional anak usia dini 5-6 tahun menunjukkan permasalahan tersebut, permasalahan sosial emosional anak usia dini sangat berkaitan dengan beberapa faktor kebiasaan anak. Permasalahan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini ialah :Kesadaran diri,Tanggung jawab diri dan Egoisme.
References
Ade Lasma Hariani,dkk (2023) Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Issue 4 (2023) hal 4871-4872
Siti Syarkiah, Masnipal, dan Adang Tsaury (Permasalahan Sosial Emosi Anak Usia Dini dan Upaya Guru dalam Mengatasinya) jurnal hal 110-112
Iis Miyati , Rita Aryan, Jurnal Pendidikan Tambusai (Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini melalui Bermain Peran Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 ( hal 16050-16051
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.