Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain Kelompok A

Penulis

  • Robiah Adawiyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Elnawati Elnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Herwina Bahar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Ishaq Gery Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anita Damayanti Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Tingkat kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini di suatu lembaga Pendidikan RA Aisyiyah 2 Lebak Siuh,Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menganalisis data terhadap permasalahan sosial emosional anak usia dini, Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang mendorong pertumbuhan kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini. permasalahan yang diteliti akan dideskripsikan dan di analisis dengan sebagaimana hasil dari pengamatan peneliti di lapangan apa adanya tanpa memberikan treatment apapun. Hasil penelitian menggambarkan dan menganalisis bahwa permasalahan sosial emosional anak usia dini 5-6 tahun menunjukkan permasalahan tersebut, permasalahan sosial emosional anak usia dini sangat berkaitan dengan beberapa faktor kebiasaan anak. Permasalahan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini ialah :Kesadaran diri,Tanggung jawab diri dan Egoisme.

Referensi

Ade Lasma Hariani,dkk (2023) Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Issue 4 (2023) hal 4871-4872

Siti Syarkiah, Masnipal, dan Adang Tsaury (Permasalahan Sosial Emosi Anak Usia Dini dan Upaya Guru dalam Mengatasinya) jurnal hal 110-112

Iis Miyati , Rita Aryan, Jurnal Pendidikan Tambusai (Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini melalui Bermain Peran Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 ( hal 16050-16051

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-03

Terbitan

Bagian

Articles