Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Literasi Menggunakan Metode Active Learning pada Cerita Nonfiksi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5.4 SD Dharma Karya UT

Nela Puspita Sari, Lutfi Lutfi

Abstract


Literasi merupakan seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu. Terdapat enam literasi yang harus dikuasai peserta didik, orang tua, dan seluruh wakga masyarakat menurut world Economic Forum yaitu baca tulis, literasi numerasi, literasi finansial, literasi sains, literasi budaya dan kewarganegaraan, serta literasu teknologi informasi dan komunikasi atau digital. Cerita non fiksi adalah karya sastra yang berdasarkan pada kejadian nyata dan fakta. Genre ini mencakup berbagai jenis tulisan seperti biografi, memoar, jurnal perjalanan, artikel jurnalistik, dan sebagainya. Penelitian kali ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar literasi siswa kelas 5 SD materi cerita nonfiksi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5.4 SD Dharma Karya UT yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapkan strategi pembelajaran aktif dan menggunakan media pembelajaran yang relavan dapat meningkatkan hasil belajar literasi siswa. Secara khusus, terdapat peningkatkan signifikan dalam kemampuan memahami teks, mengidentifikasi informasi penting, dan Menyusun ringkasan cerita nonfiksi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pengunaan metode pembelajaran yang interaktif dan variatif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa pada materi cerita nonfiksi dikelas 5 SD.


Full Text:

PDF

References


Haryanto, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penddidikan Indonesia, 1.

ABD, Rahman, BP. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan.

Putri, E. (2019). Penilaian Komprehensif dalam pembelajaran Teks Nonfiksi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3.

Rahmawati, F. (2021). Penggunaan Media Digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1.

Santoso, H (2019). Strategi Membaca Aktif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Literasi, 2.

Kusmiarti, R. (2019, November 2). Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan sastra.

Sari, M. (2019). Kemampuan Membaca Teks Nonfiksi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi, 2.

Wahyuni, R. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran dalam meningkatkan Pemahaman Teks. Jurnal Pendiddikan Dasar, 4.

Yulianti, S (2020). Stratetgi Pembelajaran Efektif untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa. Jurnal Penddidikan Bahasa Indonesia, 2.

Suharto, B. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi di Berbagai Bidang Keilmuan. Jurnal Layanan Masyarakat, 325.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ