Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Seni Melipat Origami pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah 3 Cipetir

Sinta Ayu Lestari, Muhammad Ishaq Gery, Dyah Lyesmaya

Abstract


Kegiatan melipat adalah salah satu kegiatan yang perlu diperhatikan saat ini yaitu kurang berkembangnya motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 3 Cipetir Sukabumi. Permasalahan motorik halus anak sering terjadi di kehidupan sehari-hari seperti cara bagaimana mengikat tali Sepatu dan lain sebagainya sangat sulit dilakukan oleh anak-anak kelompok A TK Aisyiyah 3 Cipetir Sukabumi. Kegiatan melipat kertas adalah salah satu pengembangan motorik halus yang membutuhkan keterampilan, ketelitian, dan bimbingan. Kegiatan ini merupakan salah satu media untuk membantu otot motorik halus, daya pikir, perasaan sensitif, dan keterampilan yang tingkat kesulitannya dapat disesuaikan dengan usia anak. Dengan melipat kertas tersebut situasi pembelajaran lebih menyenangkan, lebih menarik, serta lebih efektif dan efisien. Model atau metode pembelajaran untuk menanganinya yaitu membuat ikan lele menggunakan kertas origami dengan seni melipat origami.  Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan melipat origami, selain itu kegiatan melipat kertas juga bertujuan untuk melatih koordinasi mata dan otot- otot tangan serta konsentrasi.


Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2019). Buku ajar pendidikan dan perkembangan motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Aminah, N. (2018). Peningkatan kemampuan motorik halus kelompok A melalui kegiatan seni melipat (origami) tissue roti. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 46-55.

Aulina, C. N. (2017). Buku ajar metodologi pengembangan motorik halus anak usia dini. Umsida Press, 1-186.

Maianah Khoironi, B. S. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 82-89.

Ningtyas, T. P. (2017). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Melipat (Origami) Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Saroh, U. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Mencocok Gambar pada Anak Kelompok B di RA Muta’allimin Pagersari Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagungsemester II Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 205-208.

Syukur, M., & Amri, N. A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas TK Aisyiyah Talamangape. Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP), 1(4), 295-298.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ