Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing di Kelas 1.3 SD Dharma Karya UT

Khairini Zahroh, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas 1.3 SD Dharma Karya UT. Model ini menggabungkan elemen Role Playing dalam proses pembelajaran, memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam peran tertentu yang terkait dengan konsep-konsep pendidikan pancasila. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dan menggunakan observasi, wawancara, dan analisis hasil tes untuk mengukur seberapa baik siswa belajar. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus untuk memantau kemajuan siswa dan menyesuaikan metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Role Playing meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pendidikan pancasila. Dalam simulasi situasi, siswa diminta untuk berpikir, berbicara, dan memecahkan masalah. Yang pada gilirannya meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan empati mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Role Playing dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas 1.3 SD Dharma Karya UT. Guru dapat menggunakan metode ini untuk membuat pelajaran lebih menarik dan interaktif, yang dapat memperdalam dalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai pancasila dan bagaimana mereka dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Mansur Muslich. (2012: h.16). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Andi Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Wina Sanjaya. (2009: h.16). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: kencana.

Saminanto. (2010: h. 30). Ayok Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: RaSAIL.

Bakri, Noor Ms. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Agus Suprijono. (2009: h. 5). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Model Penelitian Tindakan Stringer. (2011: h. 24). Diakses dari https://www.scribd.com/document/564986689/C-Jenis-dan-Model-Tindakan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ