Upaya Meningkatkan Efektivitas Hasil Pembelajaran Lari Gawang Melalui Permainan Lari Kijang Pada Siswa Kelas VII SMP Dharma Karya UT

Moch Haidar Dzaky, Yasin Efendi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran lari gawang melalui permainan lari kijang pada siswa kelas VII.1 SMP Dharma Karya UT. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Dharma Karya UT berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket dan tes unjuk kerja siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pembelajaran lari gawang melalui permainan lari kijang dari kondisi awal 40%,siklus I 82,85% dan pada siklus II 94,28%,serta hasil dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari kondisi awal kesiklus II sebesar 54,28%. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa latihan lari kijang efektif untuk meningkatkan hasil belajar lari gawang pada siswa kelas VII.1 SMP Dharma Karya UT.


Full Text:

PDF

References


Achmad , M. (2006). Pengantar Ilmu Pendidikan Jasmani. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Achmad s, S., & Haryanto. (2006). Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, & Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Catharina, T. A. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Depdiknas.

M., T. A. (2008). Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyani , S., & Nana, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdiknas.

Rusli , L. (2002). Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Suprayekti. (2007). Pembaharuan dan Pembelajaran di SD . Jakarta: Universitas Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ