Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Pemahaman Kata Antonim Siswa Kelas 2
Abstract
Latar belakang penelitian ini menggunakan model pembelajaran yang monoton di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap pemahaman kata antonim , mengetahui pemahaman peserta didik selama proses belajar menggunakan model temas games tournamnets . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Definisi penelitian tindakan sebagai jenis penelitian yang melibatkan refleksi diri oleh peserta di lingkungan sosial ( seperti dalam konteks pendidikan ) dengan tujuan untuk meningkatkan praktik mereka. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Untuk masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan ,pelaksanaan ,observasi ,dan refleksi .Penelitian ini mengambil lokasi di SDN Benda Baru 03 yang beralamat Jl. Mendut Raya Jl.Borobudur Raya No.11 ,Benda Baru , Kec.Pamulang , Kota Tangerang Selatan ,Banten 15415. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 2 yang berjumlah 38 Peserta didik, terdiri dari 23 Peserta didik laki-laki dan 15 Peserta didik perempuan. Model pembelajaran Teams Games Tournaments dapat mempengaruhi pemahaman peserta didik dalam pembelajaran kata Antonim dengan hasil pada siklus I sebesar 81% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 88% .Berkat metode pengajaran yang lebih baik dan media pembelajaran guru, yang membuat materi lebih mudah dipahami siswa.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter.Bandung: Refika Aditama.
Kristiantari, R. (2010). Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar Menulis Deskripsi Dan Narasi. Yogyakarta: Media Ilmu.
Mentari, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Gamestournamets (Tgt) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrsah Ibtidaiyah Al-Amalul Khair Palembang (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang). Http://Eprints.Radenfatah.Ac.Id/Id/Eprint/1014
Ningsih, E. K. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa: Kuasi Eksperimen Di Sma Negeri 6 Kota Depok (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah). Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/41964
Santoso, M. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams-Games Tournament) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/1338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.