Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kincir Jam pada Siswa Kelas 3 SD

Dewi Anggraeni, Linda Astriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kincir Jam Pada Siswa Kelas 3 SDN Benda Baru 03. Media kincir jam merupakan alat bantu visual yang dirancang untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep waktu, seperti jam, menit, dan detik, serta keterkaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Pengambilan data berupa data tes pemahaman konsep satuan waktu yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas, Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III sebanyak 46 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep satuan waktu di kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, media Kincir Jam efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep satuan waktu pada siswa kelas 3 sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development, 468.

Fadilah, A. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan UrgensiMedia Pembelajaran. Journal of Student Research, 4.

Indriyanti, F. (2023). Efektivitas Media Papan Pintar Terhadap Pemahaman. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 158.

Karimah, C. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Materi Pengukuran Waktu SD Negeri Tlogosari Wetan 02 Semarang. Jurnal Sinektik, 21.

Khadijah, S. (2023). Penggunaan Media Papan Waktu Pada Kelas III di SD IT ULUL. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKATBHINNEKA (JPMB), 250.

Millah, A. S. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 144.

Robiana, A. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk. Jurnal Pendidikan Matematika, 530.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam. Journal of Mathematics Education and Science, 60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ