Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 melalui Media Papan Bilangan di SDN Benda Baru 03
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran terutama pelajaran matematika yang mana masih banyak siswa belum dapat memahami materi dengan baik dan lebih menarik. Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 dengan menggunakan media papan bilangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus. Yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2A SDN Benda Baru 03 dengan jumlah 37 peserta didik, 19 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Hasil penelitian bahwa media papan bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan hasil pra siklus sebesar 56,75% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 70,27% kemudian lebih meningkat pada siklus II sebesar 86,49%. Demikian dari proses pembelajaran dengan menggunakan media papan bilangan ini membuat siswa jadi lebih tertarik juga termotivasi dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Wahab, M. J. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ani Daniyati, I. B. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 282-294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Pada.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Online). https://kbbi.web.id/mendidik. Diakses pada tanggal 8 Juli 2024
Karso, H. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. In G. M. Dkk Karso, Pendidikan matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wulan, E. R. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Pustaka Setia
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.