Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Lari Sprint 100 Meter

Riki Riki, Surya Rezeki Sitompul

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu, masih banyak siswa yang kecepatan larinya masih rendah dan teknik yang digunakan saat lari sprint masih banyak yang salah.Hal ini dikarenakan metode yang diterapkan belum efektif sehingga pembelajaran tidak mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas berbagai metode pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan lari sprint siswa. Studi ini melibatkan 41 siswa SMP Negeri 23 Tangerang Selatan Kelas IX.1. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik kepustakaan dan tes unjuk kerja. Program pembelajaran berbasis teknik mencakup latihan kecepatan, teknik start, dan perbaikan teknik saat berlari. Penilaian dilakukan pada awal dan akhir program untuk mengukur peningkatan kecepatan lari sprint . Hasil analisis menunjukkan peningkatan dalam kecepatan lari sprint. Rata-rata waktu awal tes pengukuran adalah 15.41 detik dan rata-rata akhir tes pengukuran adalah 14.83 detik. Temuan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis teknik lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan lari sprint siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode pembelajaran ini dalam kurikulum pendidikan jasmani untuk mengoptimalkan performa lari sprint siswa. Implikasi praktis serta saran untuk penelitian lanjutan juga dibahas dalam artikel ini.


Full Text:

PDF

References


Aerenhouts, D., Delecluse, C., Hagman, F., Taeymans, J., Debaere, S., van Gheluwe, B., & Clarys, P. (2012). Comparison of anthropometric characteristics and sprint start performance between elite adolescent and adult sprint athletes. European Journal of Sport Science, 12(1), 9–15. https://doi.org/10.1080/17461391.2010.536580

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Astuti, B., Purnama, D. S., & Laksana, E. P. (2019). Stress reduction in thesis completion through peer tutoring method. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.23

Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., & Hardinata, V. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas pada guru SMP. Jurnal ABDI, 2(2), 7. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p7-17

Magill, R. A. (2011). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill.

Merilia, S., Fajaruddin, S., & Arbain, A. (2019). An assessment of an English textbook of vocational school. Arisen (Assessment and Research on Education), 1(2). https://doi.org/10.26486/ARISEN.V1I2.46

Mulyasa, H. E. (2012). Praktik penelitian tindakan kelas. PT Remaja Rosdakarya. http://rosda.co.id/pendidikan-keguruan/419-praktik-penelitian-tindakan-kelas.html

Sumantri, S. (2017). Upaya peningkatan keterampilan permainan bola voli tentang passing bawah melalui penerapan metode bagian (part method) pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Tawangmangu Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. IJER-Indonesian Journal on Education and Research, 2(3). http://jurnal.ijer.web.id/index.php/ijer/article/view/85

Suryosubroto, B. (2002). Proses belajar mengajar di sekolah wawasan baru: Beberapa metode pendukung dan beberapa komponen layanan khusus. PT Rineka Cipta.

Widayati, A. (2014). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ