Upaya Media Bentang Alam Indonesia Melalui Metode Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas 4 di SDN Benda Baru 03

Rizki Hamidah, Linda Astriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan media bentang alam Indonesia melalui metode diskusi kelompok terhadap pemahaman siswa kelas 4 dengan 45 Peserta didik di SDN Benda Baru 03. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain kuasi-eksperimental. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media bentang alam Indonesia dan metode diskusi kelompok, serta kelompok kontrol yang menggunakan metode pengajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman sebelum dan sesudah intervensi, serta angket untuk mengukur persepsi siswa terhadap pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang efektivitas penggunaan media bentang alam Indonesia dan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan pemahaman siswa. Implikasi penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang berguna bagi praktisi pendidikan dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif

Full Text:

PDF

References


Anugrah, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Geografi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Geografi, 12(1), 45-57.

Budiyanto, B. (2022). Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Dasar, 18(2), 123-135.

Dewi, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi dan Pemahaman Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 88-99.

Hartono, R. (2022). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 72-85.

Sari, M. (2021). Analisis Persepsi Siswa terhadap Metode Pembelajaran Kolaboratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 17(4), 89-102.

Wijaya, H. (2023). Media Pembelajaran Geografis: Penggunaan dan Implikasinya di Kelas. Jurnal Geografi dan Pendidikan, 10(2), 144-158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ