Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS

Abdulloh Khoidir, Sholehuddin Sholehuddin, Siti Lubis Kholijah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang faktor yang mempengaruhi kurangnya pencapaian dari kompetensi seperti, minat dan semangat siswa yang selalu kurang memperhatikan dalam proses pembelajaran,kurangnya perhatian dari orangtua, pengaruh lingkungan permainan, penyampaian guru yang monoton dan tidak menyenangkan yang menjadikan siswa minat, semangat turun drastis, dengan demikian upaya yang harus dilakukan adalah peran orang tua, pihak sekolah memberikan sosialisasi terhadap siswa mengenai sikap dan perilaku, guru merubah sistem penyampaian dalam pembelajaran. Hal ini harus dilaksanakan bersama baik dari internal dan eksternalnya. Dalam pembelajaran guru tidak cukup terfokus hanya pada satu model dan metode tertentu saja. Guru perlu mencoba menerapkan berbagai model dan metode yang sesuai dengan tuntutan materi pembelajaran, termasuk dalam penerapan model pembelajaran diskusi Buzz Group, karena metode ini dapat meningkatkan kerja sama siswa dalam memecahkan masalah baik individu maupun kelompok. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2024 di kelas 5A SDN Pamulang Timur 02. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar menggunakan metode pembelajaran diskusi tipe buzz group pada mata pelajaran IPS kelas 5 di SDN Pamulang timur 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimental dengan desain berfokus pada posttest-only control design yang mana pada desain ini terdapat dua kelompok. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 yang terdiri dari 3 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode diskusi buzz group dan 5B sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode diskusi dengan jumlah siswanya masing-masing 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi sebelum penelitian, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai dengan kriteria uji thitung > ttabel atau 5,425 > 2,024 pada taraf signifikansi (a) 5% maka H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikansi metode pembelajaran diskusi dengan tipe buzz group terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas 5 Di SDN Pamulang Timur 02

Full Text:

PDF

References


Cantillon, P . (2003) . Abc Of Learning And Teaching In Medicine Teaching Large Groups. Bmj, 326(7386), 437-440. Https://Doi.Org/10 .1136/Bmj.326.7386.437

Dadi, A. F. P. , & Kewa, M. (2021) . Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKN Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1) ,357- 366 Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10 .31004/Basicedu.V5i1 .703

Fernando , S. Y. , & Marikar , F. M. (2017) . Constructivist Teaching/Learning Theory And Participatory Teaching Methods . Journal Of Curriculum And Teaching, 6(1) , 110 . Https:// Doi. Org/1 0 . 5430/ Jct.V6n1 p110

Hartnett, M. (2016) . Motivation In Online Education . Singapore: Springer Nature.

Kartikasari, A . (2019) . Pengaruh Media Pembelajaran Kokami(Kotak Kartu Misterius) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 0 Semarang.Universitas Negeri Semarang.

Majid, A. (2017) . Strategi Pembelajaran (7 th Ed.) . Bandung: Pt Remaja

Rosdakarya.

Nofalia, I. (2018) . Pengaruh Metode Brainstorming, BuzzGroup, And Simulation (Bbs) Terhadap Pengetahuan , Sikap , Dan Tindakan Merokok Pada Remaja. Universitas Airlangga.

Pangaribuan , T. , & Manik , S. (2017) . The Effect Of Buzz Group Technique And Clustering Technique In Teaching Writing At The First Class Of Sma Hkbp I Tarutung. English Language Teaching, 11 (1 ) , 16 4 . Https:/ / Doi. Org/1 0 . 5 53 9 / Elt. V 1 1 n 1 p1 6 4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ