Analisis Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Heny Febriana, Sholehuddin Sholehuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesulitan membaca siswa kelas II dan bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik kelas II SDN Pamulang Timur 02. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II sebanyak 2 orang.Hasil penelitian menunjukkan 2 siswa yang mengalami kesulitan membaca. Jenis-jenis kesulitan yang dialami 2 siswa tersebut antara lain: daya ingat rendah dalam mengidentifikasi huruf konsonan, kesulitan membaca kata yang lebih dari 4 huruf, kesulitan mengidentifikasi huruf diftong (ny), kesulitan dalam merangkai susunan kata dan pengucapan kata salah. Upaya yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II adalah dengan menggunakan media pembelajaran flashcard karena guru melihat ada ketertarikan dan antusias dari siswa AZL dan MAJ saat belajar menggunakan media flashcard dan tidak menyalahkan siswa atas kondisi yang dialaminya serta meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan memberikan motivasi dan semangat belajar untuk siswa agar mereka tidak merasa malu saat belajar. 

Full Text:

PDF

References


Aflah husnaini matondang, b. m. (2023). ANALISIS KESULITAN MEMBACA DI KELAS RENDAH. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 84.

Dr. Nurhuda, M. (2022). LANDASAN PENDIDIKAN. MALANG: Ahlimedia Press.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. DIDAKTIKA, 1.

Rafika Nurma, M. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. jurnal online.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan (kuantitatif, kualitatif, dan R&D) . Bandung: Alfabeta.

Sulistiono, M. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujung Pangkah Gresik. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 112-115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ