Implementasi Model Pembelajaran TGT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas 1a SDN Pamulang Timur 02

Naila Fairuza, Sholehuddin Sholehuddin, Dalilah Dalilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar antara penggunaan Model Pembelajaran TGT dengan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta meneliti respons siswa terhadap penerapan Model Pembelajaran TGT dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester genap ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1A sebanyak 24 orang. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT pada pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi gotong royong dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Model TGT dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas 1A SDN Pamulang Timur 02.Hasil penelitian menunjukkan hasil penelitian  pada pretest dan siklus I ke siklus II, yaitu data hasil pretest nilai rata-rata 53,75 dari  24 siswa dimana siswa yang tuntas berjumlah 6 dengan persentase 25%, selanjutnya pengamatan aktivitas guru dalam proses  pembelajaran siklus I dengan nilai  rata-rata 65,66 sebanyak 18 siswa berkategori baik dengan persentase 75% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu data hasil pengamatan aktivitas guru memperoleh  nilai 85,25 dengan persentase 100%.


Full Text:

PDF

References


Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. 2017: Universitas Esa Unggul.

Agustina, R. L. (2017). PEnerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berorientasi Pada Pakem Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN Jejangkit Muara 2. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya 2 (1), 18-26.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azhar, S. (2010). Sistem Informasi 1,Pendekatan Normal Praktiuka Penyusunan Prosedur dan Metode, Edisi 5. Bandung: BPFE.

Nanda, I., & dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: Penerbit Adab.

Sulistyo, M. (2019). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Quantum. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).

Wahyuni, A. T., Widyatama, G. S., Hidayanto, O. E., & Widodo, S. T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran TGT Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas V SD Negeri Wonosari 03. Edutaiment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan , 45.

Wintarsih, W. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Teams Games Tournament Di SDN Semper Timur 07 Jakarta Utara. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ