Upaya Guru Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Sindy Kinanty Jelita, Sholehuddin Sholehuddin

Abstract


Kepercayaan diri merupakan faktor penting dalam proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi dan hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di SDN Pamulang Timur 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Data dikumpulkan dari dua guru kelas 3 di SDN Pamulang Timur 02. Guru-guru di SDN Pamulang Timur 02 melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, seperti: Memberikan kata-kata penyemangat dan pujian, Memberikan apresiasi berupa tepuk tangan dan hadiah, Memberikan pengakuan atas usaha dan pencapaian siswa, Menciptakan ruang belajar yang aman dan suportif, Memberikan tanggung jawab khusus kepada siswa dengan kepercayaan diri rendah, Menerapkan rotasi tempat duduk, dan Mengkomunikasikan upaya peningkatan kepercayaan diri siswa kepada sesama guru. Kendala yang Dihadapi oleh guru yaitu: Kurangnya pengetahuan tentang cara meningkatkan kepercayaan diri siswa, Ketidakmauan siswa untuk bekerjasama, dan Kesulitan komunikasi dengan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah


Full Text:

PDF

References


Bambang Hartono. (1997). Melatih anak percaya diri. Jakarta: Gunung Mulia.

Enung Fatimah. (2006). Psikologi perkembangan: Perkembangan peserta didik. Bandung: Pustaka Setia.

Ghufron, M. Nu, Sumita, & Rini Risnawati. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Hakim, & Thursan. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Lautser Peter. (1997). Tes kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahrita Julia Hapsari. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding, Seminar Nasional. Yogyakarta: FMIPA UNY.

M Idrus. (2009). Metode penelitian ilmu sosial. Jakarta: Erlangga.

Rochmat Wahab, & Sukirman. (2011). Pengembangan profesi guru, bahan pendidikan dan latihan profesi guru sertifikasi guru rayon 111. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Santrock, & John W. (2003). Adolescence perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarsis Tarmudji. (1998). Pengembangan diri. Yogyakarta: Liberty.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ