Pengaruh Media Kartu Suku Kata terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 6 di UPTD SDN Serua 01 Tangerang

Salsabila Wanda Purnamasari, Venni Herli Sundi, Yetti Retnoningsih

Abstract


. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestasi pengaruh media kartu suku kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 6 di UPTD SDN Serua 1 Tangerang serta faktor faktor yang mempengaruhi efektivitasnya. Penelitian dilakukan dengan menganalisis perbedaan dalam tingkat kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah penerapan media kartu suku kata. Tes Diagnostik awal dan akhir digunakkan untuk mengukur kemampuan membaca siswa. Selain itu, observasi kelas dan wawancara dengan guru juga dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang pengaruh media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa setelah penggunaan media kartu suku kata. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kecepatan, akurasi, dan pemahaman bacaan mereka. Hasil tes dan pengamatan menunjukkan bahwa setelah penerapan media ini, terjadi peningkatan yang nyata dalam kecepatan, akurasi, dan kelancaran membaca siswa, serta pemahaman bacaan mereka. Faktor-faktor seperti kualitas media kartu, metode pengajaran, keterampilan guru, dukungan keluarga, dan lingkungan belajar yang kondusif berperan dalam meningkatkan efektivitas media tersebut. Secara keseluruhan, penggunaan media kartu suku kata terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 6 dan menumbuhkan minat serta motivasi belajar mereka. Faktor- faktor seperti kualitas media kartu, metode pengajaran, keterampilan guru, dukungan keluarga, dan lingkungan belajar yang kondusif berkontribusi pada keberhasilan ini. Secara keseluruhan, media kartu suku kata tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis membaca tetapi juga menumbuhkan minat dan motivasi siswa terhadap kegiatan membaca, menjadikannya alat yang efektif dalam pembelajaran literasi dasar

Full Text:

PDF

References


Auliah, M., Halimah, A., Sulaiman, U., & Fatahullah, M. M. (2021). Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Bontoramba Gowa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2).

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD

Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31.

Kania, G., Yuliani, Y., & Sobariah, D. (2023). PENGARUH MEDIA KARTU SUKU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Plamboyan Edu, 1(1), 15–26.

Mawarni, S. F., Rini, T. A., & Arafik, M. (2022). Pengaruh Penerapan Media Kartu Baca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 974–995.

Rahayu, F. R. W., & Wardhani, J. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688– 698.

Setyowati, J., & Imamah, I. (2023). Efektivitas Media Kartu Kata dan Gambar dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(3), 1014–1020.

SP, U. Q., Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Fahruddin, F. (2021). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Di Desa Rempung. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(1), 21–35.

Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih, S. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 486–492.

Tanjung, C. F. P., & Anas, N. (2023). Pengaruh Pemberian Media Kartu Suku Kata Terhadap Kemampuan Kualitas Membaca pada Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1513–1522.

Wati, A., Sholeh, K., & Syaflin, S. L. (2023). Pengaruh Metode Silaba Berbantu Media Kartu Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd Negeri 91 Palembang. Jurnal Binagogik, 10(2), 340–351


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ