Efektivitas Penggunaan Flashcard Dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 UPTD SD Negeri Serua 01 Tangerang Selatan

Auvilana Rahmatika Safitri, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan flashcard dalam meningkatkan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas 4 SD. Kajian literatur dilakukan untuk mengkaji berbagai penelitian dan temuan terkait penggunaan flashcard dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flashcard efektif dalam meningkatkan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas 4 SD. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil tes kosakata siswa setelah menggunakan flashcard. Selain itu, penggunaan flashcard juga meningkatkan minat belajar siswa dan interaksi dalam pembelajaran. Flashcard membantu siswa memvisualisasikan kata-kata baru dan memperkuat ingatan mereka melalui pengulangan. Media pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan berinteraktif dengan teman sekelas. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk lebih mengintegrasikan penggunaan flashcard dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia di kelas 4 SD. Guru dapat merancang berbagai aktivitas pembelajaran yang melibatkan flashcard secara kreatif dan interaktif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar, khususnya dalam hal penguasaan kosakata siswa.


Full Text:

PDF

References


Hidayat, A. (n.d.). Nomor 2 Tahun 2022| 277 JOTE Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 277-289 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education. 3.

Mulyanti, E., Febriani Sya, M., Guru, P., Dasar, S., Islam, A., Pendidikan, D., Universitas, G., & Bogor, D. (2023). Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Kartu Bergambar di Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 2, Issue 2).

Oktaviana, N. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 1 DI MI MA’ARIF NU CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS SKRIPSI.

Prasetyo, E. D. (2023). (n.d.). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JAWA KELAS V DI MIS SIDOREJO BATANG.

Zumrotin, I., & Udah, M. ’. (n.d.). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK A.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ