Meningkatkan Partisipasi Belajar melalui Model “Game Based Learning” pada Pembelajaran Tematik di Kelas 3 UPTD SDN Serua 01 Tangerang Selatan

Hany Aulia Syahada, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar melalui model Game Based Learning pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 UPTD SDN Serua 01 Tangerang Selatan serta untuk mengevaluasi dampaknya terhadap interaksi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3C UPTD SDN Serua 01 Tangerang Selatan yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta dianalisis untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan model Game Based Learning pada pembelajaran tematik. Pada tahap pra-siklus dengan persentase 42,86% menjadi 67,86% pada siklus I. Kemudian terjadi peningkatan keaktifan siswa menjadi 85,71% pada siklus II yang telah masuk kedalam peningkatan signifikan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Game Based Learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa menjadi sangat baik

Full Text:

PDF

References


Bashir, F. A., (2022). Implementasi Game Based Learning Berbasis Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Khaerunnisa, (2022). Penerapan Metode Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/37018

Meilita, I., (2023). Pendidikan Melalui Permainan: Membangun Kreativitas dan Inovasi pada Generasi Digital. Journal Of Information Systems And Management. https://jisma.org/

Rosarian, W. A., (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain. Journal of Holistic Mathematics Education, 146-163. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332

Sholikha, D. F., (2023). Penerapan Model Pembelajaran Game Bassed Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN Kedungturi. National Conference For Ummah (NCU).

Sri Legowo, Y. A. (2022). Gamifikasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Of Islamic Primary Education. https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.73


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ