Meningkatkan Literasi Kemampuan Membaca melalui Media Buku Bacalah pada Siswa Kelas 6 SDN Serua 01

Kinanti Fadya Nema, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model Kemmis dan Mc Taggart dalam meningkatkan literasi kemampuan membaca melalui penggunaan media buku bacalah pada siswa kelas 6 SDN Serua 01 Tangerang Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan tindakan kelas yang melibatkan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Perencanaan dilakukan dengan merancang kegiatan pembelajaran yang mencakup pengenalan materi, penggunaan media buku bacalah, dan metode pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kemampuan membaca. Tindakan dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai rencana yang telah dirancang, termasuk penerapan media buku bacalah dalam konteks pembelajaran. Observasi dilakukan untuk mengamati respons siswa terhadap penggunaan media buku bacalah dan efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca mereka. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan membaca sebelum dan sesudah perlakuan, serta observasi terhadap proses pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media buku bacalah, yang didukung oleh model Kemmis dan Mc Taggart, mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan literasi kemampuan membaca pada siswa kelas 6 SDN Serua 01 Tangerang Selatan.

Full Text:

PDF

References


Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Afifah, H., Rasidi, R., Wijayanto, S., & Supriyati, L. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1B MENGGUNAKAN MEDIA HUPARO. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 105-112.

Ii, B. A. B. (2016). Penerapan Gerakan Literasi…, Asri Kawuryan, FKIP UMP, 2019.

Yulianti, N. Penerapan Literasi Membaca Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Navida, I., Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034-1039.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ