Penerapan Media Ajar Table Multipicar dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Perkalian Siswa Kelas 5 UPTD SDN Serua 01 Tangerang Selatan

Raihanah Fauziyah, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan media ajar Table Multipicar dalam meningkatkan kemampuan menghafal perkalian pada siswa kelas 5 SD menggunakan metode Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas 5 di SDN Serua 01 Tangerang Selatan. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menghafal perkalian, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Table Multipicar secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal perkalian. Selain itu, siswa menunjukkan minat dan motivasi belajar yang lebih tinggi selama proses pembelajaran. Dengan demikian, media ajar Table Multipicar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal perkalian siswa kelas 5 SD dan dapat dijadikan salah satu alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Arima, N., & Indrawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Box Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 210-219.

Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532.

Attalina, S. N., & Irfana, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Dengan Menerapkan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Pembelajaran Tolkama (Botol Perkalian Matematika) Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 210-219


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ