Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Kalimat Majemuk Bertingkat Kelas 5 SD Menggunakan Media Pembelajaran Flipbook

Salsabila Putri, Venni Herli Sundi

Abstract


. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media flipbook dalam pembelajaran kalimat majemuk bertingkat pada siswa kelas 5 SD yang berguna untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia dalam pembentukan kalimat majemuk bertingkat melalui penggunaan media pembelajaran flipbook dengan metode pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 di UPTD SDN Serua 01 Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan observasi awal, desain pembelajaran, implementasi pembelajaran, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD yang terdiri dari 3 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flipbook dalam pembelajaran kalimat majemuk bertingkat memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa. Siswa menunjukkan minat dan antusiasme yang lebih tinggi dalam pembelajaran, serta mampu memahami konsep kalimat majemuk bertingkat dengan lebih baik. Media flipbook juga membantu guru dalam menyampaikan materi secara lebih menarik dan interaktif. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata tes tulis siswa serta respon positif dari siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa di tingkat SD Dari hasil wawancara, bahwa media flipbook mempermudah proses belajar mengajar karena menyediakan visualisasi yang menarik dan memudahkan siswa dalam memahami struktur kalimat. Observasi di kelas juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi dan latihan yang diberikan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media flipbook sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bahasa Indonesia, khususnya kalimat majemuk bertingkat.


Full Text:

PDF

References


NM, S. R. (2021). Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 8(1), 192-200.

Limbong, R. L. S. B. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membedakan Kalimat Majemuk dan Kalimat Tunggal Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD S Dharma Wanita Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Quality).

Wipa, A. (2022). Analisis Fungsi Dan Kategori Sintaksis Kalimat Majemuk Bertingkat Pada Opini Jawapos. Com Edisi 2020 (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Semarang).

Selanno, N. F. F. (2016). Kemampuan Menggunakan Konjungsi Dalam Kalimat Majemuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Amahai Kabupaten Maluku Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Susi, D. N. A. A. I., & Rusminati, H. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Fipbook Berbasis TPACK pada Pembelajaran Tema 4 Kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ