Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SDN 5 Bukit Tunggal Palangkaraya dengan Menggunakan Media Konkrit

Berliana Nur, Sonedi Sonedi, Dwi Sari Usop

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika peserta didik dilihat dari penggunaan media konkrit dengan media sedotan di kelas IV SDN 5 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IVB dan IVC SDN 5 Bukit Tunggal Palangkaraya, yang berjumlah 49 orang peserta didik dua kelas tersebut menjadi kelas kontrol dan kelas ekperimen. Pembagian sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dilihat dari penggunaan media konkrit dengan menggunakan media sedotan di kelas IV SDN 5 Bukit Tunggal Palangkaraya, dengan t-hitung = 2.492 dan t-tabel 1.677. sedangkan nilai rata-rata sebelum menggunakan media 65,60, dan nilai rata-rata sesudah diberikan perlakuan 76,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa media konkrit dapat meningkatkan hasil belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Anita, Yus (2015), Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini, Medan: PG PAUD FIP UNIMED

Darmadi, (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Jakarta: Depublish.

Hartanto, Dicki & Yuliani, Sri (2019). Statistik Risert Pendidikan (dilengkapi analisis spss) Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Hasanah, Hasyim (2016) Teknik-teknik Observasi: jurnal at- Taqaddum, volume 8, Nomor1

Kustandi, Cecep & Darmawan, Daddy (2020) pengembangan media pembelajaran, Jakarta: kencana.

Majid Abdul, (2017). Penduan kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Perss.

Offirstson, T. ( 2014 ), Aktivitas pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Sofwere Cinderela. Yogyakarta : Deepublish.

Riana, Cepi (2012) Media pembelajaran,Jakarta pusat: Rommy Malchan

Risnawati ( 2018 ). Efektivitas penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Expleting terhadap hasil belajar Matematika kelas VII SMP Negeri 1 Tarowang Kabupaten Jenepoto.

Sanjaya Wina, (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Jakarta: Pernadamedia.

Setyawan, F.e ( 2017 ). Pengantar metode penelitian ( statistija praktis ) sidoarjo: Zifatma Jawara

Sidarta, Arief ( 2012 ) Media Pembelajaran. Bandung: suptiyadi

Suryaman, Maman ( 2010 ) Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta

Susanto, A.( 2016 ) Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranada Group.

Swarningsih, Nengah, Ni ( 2021 ). Implementasi Model Pembelajaran cooperative learning dengan media Konkrit untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran Matematika siswa kelas 1 SD Negeri 1 Seraya Barat.

Yusyana, Yusa, Nengah, I ( 2021 ). Penggunaan metode Eksperimen Berbantuan menggunakan media Konkrit untuk mengikatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Suraya Barat.

Zubaidah, Amir, dan Risnawati, (2016), Psikologi Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Aswaja Presindo

Zulifa, Nihayah, ( 2017). Efektifitas penggunaan media Tablet dalam pembelajaran Pendidikan agama islam si SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2016-2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ