Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Kreativitas Siswa pada Materi Kolase Menggunakan Bahan Biji-Bijian di Kelas IV MI Muhammadiyah Blembem

Anggi Agustin, Dewi Setiyaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kreativitas siswa pada pembelajaran materi kolase dengan menggunakan bahan jerami dan untuk mengetahui kreativitas siswa setelah menggunakan bahan jerami pada pembelajaran materi kolase di kelas IV MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM. Penelitian ini dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang meliputi Pengumpulan Data, Reduksi Data, data Penyajian Data, dan conclusion drawing/verification (Kesimpulan). Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran materi kolase dengan menggunakan bahan jerami sudah dilakukan sesuai kurikulum, dimana guru sebelum melaksanakan pembelajaran tentunya membuat Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus serta mempersiapkan alat dan bahan yang akan dipakai pada pembelajaran, sehingga dapat terciptanya kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Kreativitas siswa pada pembelajaran materi kolase dengan menggunakan bahan jerami mengalami peningkatan dalam menuangkan ide-ide kreatifnya menggunakan bahan jerami, dimana kreasi yang siswa buat sudah bagus, rapi dan lebih menarik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus menggunakan teknik kolase pada pembelajaran SBDP meningkat dengan baik oleh siswa kelas IV dengan perolehan pada akhir siklus mendapatkan persentase ketuntasan keberhasilan sebesar 80.3%. Oleh karena itu siswa sudah dapat meningkatkan keterampilan motorik halus melalui teknik kolase pada pembelajaran SBDP.

Full Text:

PDF

References


Abdul, Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaa Rosdakarya. Depdikbud. 2003. Undang-Undang UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Karmila, E dan Husna, A. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Kerajinan Tangan Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 25 Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti. Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UNRIKA Batam.

Moleong, J. Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nofriansyah, Deny. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmawati, Wuri. (2017). Efektivitas Pembelajaran Fikome (Finger Painting, Kolase, Dan Menganyam) Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Universitas muhammadiyah surakarta.

Anggraini, Fina Sura, (2016). Perkembangan Motorik AUD Teori Aplikasinya. Surabaya: Kurnia Grup Publishing.

Handayani, S., Sumarno, S., & Suharno, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Di Tk Pembina Kabupaten Rembang. Seuneubok Lada, 5(1), 38-53.

Kusumadewi, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Buku Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Kelas IV SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ