Analisis Intervensi Matematika Multi-komponen dalam Kerangka Kognitif Perilaku pada Respon Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Erti Yunika, Arlin Astriyani

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh materi matematika yang bagi sebagian orang berpikir sulit untuk mempelajarinya dan banyaknya komponen dalam materi matematika sehingga guru perlu melakukan intervensi matematika multi-komponen untuk mendukung keberhasilan pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana intervensi matematika multi-komponen yang diterapkan oleh guru, juga bagaimana kognitif perilaku pada respon pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan intervensi matematika multi-komponen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tahapan observasi dan kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dimana subjek untuk penelitiannya guru matematika sedangkan observasi dilakukan di dalam kelas pada saat proses pembelajaran matematika berlangsung dengan subjek guru matematika dan siswa kelas IX. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti, peneliti menemukan cara guru melakukan intervensi terhadap siswa sehingga pembelajaran matematika bisa berlangsung dengan hasil yang maksimal, sehingga siswa bisa memberikan respon pemecahan masalah matematis siswa. Hasilnya peneliti menemukan intervensi matematika multi-komponen yang diterapkan oleh guru matematika diantaranya dengan mengukur seberapa paham siswa mengenai materi yang sudah dijelaskan guru dengan menanyakan langsung pada siswa sekiranya ada pertanyaan dan juga peneliti mendapatkan kerangka kognitif perilaku pada respon pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan intervensi matematika multi-komponen ditemukan kerangka kognitif perilaku berdasarkan intervensi matematika multi-komponen dan respon pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan intervensi matematika multi-komponen.

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.

Fadhallah. (2020). Wawancara. UNJ Press.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian.

Muthmainnah, Johar, R., & Anwar. (2019). E-issn: 2614-1078. Kemampuan Siswa SMP Membat Denah Melalui Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Pada Materi Perbandingan, 4(1), 73–80.

Omar, A., & Abdul Wahab, M. N. (2022). Kajian Kaedah Intervensi Pembelajaran Matematik Sekolah Rendah Menggunakan Latihan Stroop Dan Latihan Biofeedback. International Journal of Humanities Technology and Civilization, 7(2), 19–27.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy (ed.)).

Sahir, S. H. (2022). Metode Penelitian (Try Koryati (ed.)).

Suhailasari Nasution. (2020). Teks Laporan ObservasiUntuk Tingkat SMP Kelas VIII (A. S. Nasution (ed.)).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ