Pengaruh Minat Belajar Siswa dalam Meningkatkan Media Pembelajaran di Sekolah MI Muhammadiyah Blembem

Putri Violanda, Dewi Setiyaningsih

Abstract


Minat belajar siswa memainkan peran penting dalam meningkatkan efektivitas media pembelajaran di sekolah. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh minat belajar siswa terhadap penerimaan dan penggunaan media pembelajaran di MI Muhammadiyah Blembem. Metode penelitian survei digunakan dengan kuesioner yang disebarkan kepada siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa minat belajar siswa secara signifikan berhubungan dengan tingkat penerimaan dan penggunaan media pembelajaran. Implikasinya adalah pentingnya memperhatikan dan mendorong minat belajar siswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui media di sekolah tersebut.

Full Text:

PDF

References


Adam, S., & M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal.

Ally, M. (2004). Foundations of Educational Theory for Online Learning. In Theory and practice of online learning.

Hamonangan, T. (2012). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Pengantar Teknologi Informasi.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature

Oknisih, N., Wahyuningsih, Y., & Suryoto. (2019). Penggunaan Aplen (aplikasi online ) sebagai upaya kemandirian belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Silalahi, T. (2020). Evaluasi Pembelajaran (ke-1; J. Simarmata, ed.). Yayasan Kita Menulis.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media.

Asnawir, & Usman, M. B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Ma’arif, A. S. (2009). Posisi Sentral Al-Qur’an dalam Studi Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Sadiman, A. S., et. al. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ