Penerapan Timbangan Sederhana Tidak Baku Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mengukur Berat Benda Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Semanu

Adelia Septa Kusuma, Apri Utami Parta Santi, Tazkiyyatu Taznim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dari media pembelajaran timbangan sederhana tidak baku “Gantungan Baju” dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar mengukur berat benda pada siswa kelas I MI Muhammadiyah Semanu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berfokus pada permasalahan dalam pembelajaran matematika, pemahaman siswa dalam pengukuran berat sangat rendah dan guru tidak menggunakan metode yang bervariatif, guru tidak memilih model pembelajaran dengan tepat dan media pembelajaran yang kurang kreatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IB MI Muhammadiyah Semanu Gunungkidul yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian pada siswa kelas 1B MI Muhammadiyah Semanu Gunungkidul, ditemukan bahwa penerapan media pembelajaran berupa alat peraga timbangan sederhana tidak baku dalam pembelajaran matematika kelas IB MI Muhammadiyah Semanu Gunungkidul memberikan hasil positif dan terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Guru mata pelajaran matematika yang diwawancarai menyatakan bahwa penerapan alat ukur tidak baku ini dapat mencegah kebosanan siswa dan secara efektif meningkatkan pencapaian belajar mereka serta proses pembelajar menjadi aktif dan menyenangkan dengan media pembelajaran yang menarik.


Full Text:

PDF

References


Kharisma, A. I. (2020). Pengaruh penggunaan alat peraga Gatotkaca Terbang terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 16-23.

Mtd, N. P., Butarbutar, M. I., Sinulingga, S. A. B., Marpaung, J. R., & Harahap, R. M. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249-261.

Palupi, T., 2020. Implementasi Penggunaan Alat Peraga Bola Kremes Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial, 4(1), pp.188-201.

Resqueta, M.C. and Mutianingsih, N., 2022. Implementasi Alat Peraga Abang Oleng Pada Pembelajaran Pengukuran Berat Tidak Baku di Jenjang Sekolah Dasar. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), pp.129-135.

SUHAEBAH, S., 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran Berat Dengan Media Timbangan. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(01).

Varadila, A.E., Chasanatun, F. and Sugiharti, S., 2023. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Konsep Pengukuran Berat Benda. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), pp.409-416


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ