Meningkatkan Pembelajaran Gerak dasar Berguling dengan Menggunakan Media Matras Puzzle dalam Pembelajaran Pjok pada Siswa Kelas 1 di MI Muhammadiyah Semanu

Rendyka Dwi Sevtianto, Apri Utami Parta Santi, Tazkiyyatu Taznim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis dampak penggunaan media matras puzzle dalam meningkatkan pembelajaran gerak dasar berguling ke kanan dan ke kiri pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Semanu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui studi literatur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi temuan-temuan utama yang berkaitan dengan penggunaan media matras puzzle dalam pembelajaran gerak dasar. Penggunaan media matras puzzle dalam pembelajaran gerak dasar berguling ke kanan dan ke kiri di MI Muhammadiyah Semanu memberikan dampak positif yang signifikan. Matras puzzle memfasilitasi pembelajaran dengan menyajikan stimuli visual dan sensorik yang efektif, meningkatkan motivasi, keterampilan koordinasi, dan keseimbangan siswa. Selain itu, penggunaan media ini juga membawa manfaat dalam mengurangi risiko cedera, meningkatkan citra sekolah, dan menginspirasi pengembangan kurikulum yang responsif. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penggunaan matras puzzle meliputi keterlibatan siswa, stimuli sensorik, keterampilan sosial, variasi pembelajaran, penyesuaian individual, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

Full Text:

PDF

References


Ani, S. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Senam Ketangkasan Bagi Siswa. Jurnal Penggerak Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 34–44.

Bahagia, Y. (2012). Pembelajaran atletik. Pembelajaran Atletik, Departemen Pendidikan Nasional, 2–94.

Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan fisik motorik anak usia dini. Caremedia Communication.

Kertya, I. G. (2022). Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 440–445.

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.

Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. UPI Sumedang Press.

Pamugar, I. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Wahjoedi, W. (2016). Pengembangan Pembelajaran Gerak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penjakora, 3(2), 43–54.

Yuliandra, R., Fahrizqi, E. B., & Mahfud, I. (2020a). Peningkatan gerak dasar guling belakang bagi siswaSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 204–213.

Yuliandra, R., Fahrizqi, E. B., & Mahfud, I. (2020b). Peningkatan gerak dasar guling belakang bagi siswaSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 204–213.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ