Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Tegak Bersambung di Kelas 2 MI Muhammadiyah Semanu

Ananda Putri Shavira, Apri Utami Parta Santi, Tazkiyyatu Taznim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran huruf tegak bersambung di kelas 2 MI Muhammadiyah Semanu melalui penggunaan media flash card, serta untuk mengevaluasi dampaknya terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas II. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta dianalisis untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media flash card. Pada tahap pra-siklus, ditemukan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi huruf tegak bersambung Siklus pertama menunjukkan peningkatan, meskipun masih terdapat kendala seperti kurangnya partisipasi siswa. Pada siklus kedua, peningkatan signifikan terlihat dalam pemahaman siswa, dengan sebagian besar mencapai tingkat pencapaian yang baik hingga sangat baik. Media flashcard terbukti efektif dalam membantu siswa kelas 2 MI Muhammadiyah Semanu meningkatkan kemampuan menulis huruf tegak bersambung. 

Full Text:

PDF

References


Hendriyanti, D. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis metode demonstrasi dengan menggunakan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung kelas II SD (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Maulani,. (2022). Metode Permainan Bahasa dalam Keterampilan Menulis Tegak Bersambung. Jurnal Basicedu, 6(4), 7020–7028.

Pahrun, R.,. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Tegak Bersambung melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 3(2), 403–412.

Purwati, P. D.,. (2024). Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Cahya Ghani Recovery.

Sa’adah, L. L. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas Iii Mi Ma’arif Dipon (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Safitri, G. A.,. Penerapan Magic Card untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47–56.

Sulistyani, N. L. F.,. (2023). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar materi penggunaan huruf kapital pada siswa kelas II SDN Garon 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5027–5037.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ