Strategi Menumbuhkan Budaya Membaca pada Peserta Didik Kelas III MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1 Guna Menciptakan Suasana Kelas yang Kondusif

Aulia Intan Pradani, Muhammad Ishaq Gery, Elnawati Elnawati

Abstract


Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang tertulis. Namun faktanya Indonesia memiliki urutan kedua budaya membaca terendah di dunia. Dengan adanya masalah tersebut, kita selaku bergerak di bidang Pendidikan harus menanamkan budaya membaca sejak dini pada anak-anak yang bisa dimulai dari lingkungan sekolah maupun keluarga. Suasana kelas yang kondusif merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi menumbuhkan budaya membaca guna menciptakan suasana kelas yang kondusif. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Lebaksiuh 1. Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara melakukan pengamatan untuk mengetahui masalah yang di dalam proses pembelajaran dan mencari bagaimana solusinya. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif untuk peserta didik melalui melalui pembiasaan budaya membaca


Full Text:

PDF

References


Amtai Aslan, A. P. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Arini, A. A. (2023). Membangun Lingkungan Sekolah yang Kondusif Melalui Penelitian Tindakan Kelas . Kreatifitas Mahasiswa, 333 - 345.

Asip, M. (2023). Strategi dan Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas yang Bermutu dan Efektif. Padang: Get Press Indonesia.

Aslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Dea Zahrani, S. I. (2022). Strategi Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 2.

Dr. J. R. Raco, M. M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya . Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurjanah, S. (2020). Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan Melalui Metode Tanya Jawab . Student Unri, 1 - 3.

Pupi Dwi Hayati, E. S. (2023). Motivasi Minat Budaya Membaca dan Bercerita Melalui Program Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Intelektual Siswa di MI Guppi Serang. Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 165.

Wiwin, R. (2019). Cara Guru Menciptakan Kelas Yang Nyaman, Asik dan Tidak Membosankan Bagi Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid 19. Student Unri, 1 - 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ