Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Video Animasi Kelas 1 MI Muhammadiyah Cipetir

Elga Nurfauziah, Muhammad Ishaq Gery, Dyah Lyesmaya

Abstract


Penelitian ini di lakukan di MI Muhammadiyah Cipetir. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui video animasi berbasis alphabet. dengan menggunakan video animasi dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Cipetir. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Cipetir dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk mengetahui hasil. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dipadukan dengan analisis perhitungan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi berbasis alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Cipetir. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dapat dilihat dari nilai rata-rata sebelum diberi tindakan sebesar 70,0 dengan persentase 62,50%, yang termasuk dalam kategori kurang; kemudian meningkat pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 76,5 dengan persentase 79,10%, yang termasuk dalam kategori baik; kemudian meningkat lagi pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 90,9 dengan persentase 95,83%, yang termasuk dalam kategori baik sekali

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Dewi, H. I., & Zulfitria. (2020:172). Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Jurnal Instruksional, 1, 172.

Arikunto. (2007:16). Penelitian Tindakan Kelas. In A. S, Penelitian Tindakan Kelas (p. 16). Jakarta: Bumi Aksara.

Irdawati, Y. d. (2014:9). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Online, Vol. 5 No. 4, 9.

Kasan, A. N., Budyartati, S., & Chasanatun, T. W. (2020:60). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui video animasi pada siswa kelas I SDN 02 PANGONGANGAN. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 60.

Zainal, A. (2008:15). Pendidikan Bagi Anak Usia Dasar (Penelitian Tindakan Kelas). Bandung, Yrama Widya, 15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ