Meningkatkan Pengetahuan tentang Peristiwa Sejarah melalui Penggunaan Media Visual pada Siswa Kelas 5 MI Muhammadiyah Cipetir

Keizia Latifah, Muhammad Ishaq Gery, Dyah Lyesmaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan tentang peristiwa sejarah siswa kelas 5 MI Muhammadiyah Cipetir dengan menggunakan media visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2024 Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 sebanyak 46 orang. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual seperti gambar dan video dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas 5 MI Muhammadiyah Cipetir tentang peristiwa sejarah. Penggunaan media visual yang di bantu dengan media pembelajaran yang relevan juga berdampak pada peningkatan aktivitas dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121-125.

Salsabilla, T. D., Yuliati, Y., & Cahyaningsih, U. (2021, October). Studi literatur: Penggunaan media visual infografis dalam meningkatkan minat belajar IPS siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 276-282).

Guru, MPLP (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya. Modul Pendidikan UNesa Pelatihan Profesi Guru, 1 (2), 24-36.

Rosidah, A. (2016). Penerapan media pembelajaran visual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ