Penerapan Media Permainan Pintar Lompat Lantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Hitung Maju dan Mundur 1-20 Pada Siswa Kelas I

Sutera Andhara Jingga, Muhammad Ishaq Gery, Dyah Lyesmaya

Abstract


Bermain adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan bagi anak-anak sehingga mereka tidak segan untuk habiskan waktunya untuk bermain. Pendidikan di sekolah dasar untuk anak usia 6 – 13 tahun, mempunyai ciri-ciri siswa yang masih dalam tahap berpikir konkrit dan senang bermain. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menggunakan media atau metode yang tepat dalam pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuannya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hitung maju dan mundur 1-20 siswa kelas I sehingga mereka dapat memahami dan dapat mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media permainan lompat lantai di MI Muhammadiyah Cipetir, Sukabumi. Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata skor 62,18 ketuntasan, siklus II rata-rata skor meningkat menjadi 80,31. Dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 18,13. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.


Full Text:

PDF

References


Banniyatun. (2020). Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Pola Bilangan Loncat Dengan Metode Permainan. Jurnal Ilmiah WUNY, 2 (1), 38-49. Doi http://dx.doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30945

Herman, (2023). Studi Kritik Pendidikan Kontemporer: Analisis Merdeka Belajar. Yogyakarta: Bintang Semesta Media Yogyakarta.

Khadijah & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Srimuliani, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6), 528-535.

Sukaesih, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas 1 Dalam Mengoperasionalkan Penjumlahan dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda-Benda Kongkrit. Jurnal SpoRTIVE, 6(1), 116-133. Doi https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ