Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Syair Lagu Siswa Kelas 4 di SD Aisyiyah Sukabumi

Restiana Restiana, Hastri Rosiyanti, Hera Wahdah Humaira, Muhammad Hayun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis syair lagu siswa kelas 4 di SD Aisyiyah Sukabumi melalui penerapan metode drill. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing – masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus, metode drill diterapkan dengan cara memberikan latihan intensif dan berulang kepada siswa dalam menulis syair lagu. Penerapan metode drill terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis syair lagu siswa kelas 4 di SD Aisyiyah Sukabumi. Metode ini membantu siswa memahami konsep dasar menulis syair lagu, meningkatkan keterampilan teknis mereka, dan memotivasi mereka untuk mengekspresikan diri secara kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis syair lagu siswa. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil penilaian menulis syair lagu yang meningkat pada setiap siklus. Kesimpulannya, metode drill efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis syair lagu siswa kelas 4 di SD Aisyiyah Sukabumi

Full Text:

PDF

References


Cahyani, A. H. (2024). articel METODE PEMBELAJARAN LAGU LEGENDHA GUNUNG KELUD PADA PADUAN SUARA LAMBA VOICE SMA NEGERI 1 PARE KEDIRI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 13(2), 41-57.

Fajrie, M. (2016). Budaya Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah: Melihat Gaya Komunikasi dan Tradisi Pesisiran. Penerbit Mangku Bumi.

Handayani, A. D. (2022). Pengaruh aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar matematika siswa. Mathematics Education And Application Journal (META), 4(1), 1-7.

Hutagalung, R. J. (2021). Komparasi Efektivitas Pelatihan Metode Drill Dengan Pelatihan Metode Solfegio Untuk Meningkatkan Kemampuan Vokal Paduan Suara Naposo Bulung HKBP Pardomuan Silangkitang. Areopagus: Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 19(2), 154-169.

Noviyanti, E. (2022). Implementasi Metode Drill dengan Permainan Berbasis Kearifan Lokal Jawa untuk Konsep Perkalian-Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Action Research Journal, 1(4), 300-308.

Octaviani, S. &. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Penerapan Metode Drill And Practice. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 870-877.

Stiawati, E. Y. (2018). Perkembangan Budaya Sakukha pada Masyarakat Suku Lampung Saibatin (1993-2017): Sumbangan Materi pada Mata Kuliah Sejarah Kebudayaan Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2).

Tazkiyah, D. (2022). Adaptasi Tradisi Angpao Saat Hari Raya Lebaran Di Purwokerto: Perspektif Teori Agil Talcott Parsons. Jurnal Cakrawala Mandarin, 6(1), 76-85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ