Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Aisyiyah Sukabumi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang tema 3 Benda di sekitarku subtema 3 perubahan wujud benda pembelajaran ke-1 dengan model discovery learning di kelas SD Aisyiyah Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama, dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. dengan mengambil lokasi di SD Aisyiyah Sukabumi kelas 3. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 60,2 meningkat menjadi 81,4 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 21,2. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 44% meningkat menjadi 92% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 48% aktivitas siswa pada siklus I 62,66 menjadi 80,3 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 17,64, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran tentang tema 3 Benda di sekitarku subtema 3 perubahan wujud benda pembelajaran ke-1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 3 SD Aisyiyah Sukabumi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (volume 3). Jakarta: Bumi Aksara. Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Fitriana, F. (2019). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran ipa materi tekanan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 100-108.
Hernawan, H. A., Susilana, R., & Julaeha, S. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hosnan,M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.
Yogyakarta: Ghalia Indonesia.
Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multimedia Presindo. Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Paizaluddin & Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan teori praktis. Bandung: Alfabeta.
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wiriaatmaja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.