Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik melalui Aplikasi Lets Read di Kelas 3 SD Lab School FIP UMJ

Esti Nur Alfadila, Hastri Rosiyanti

Abstract


Salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai seseorang yaitu keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas 3 SD Lab School FIP UMJ melalui aplikasi Lets Read. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 22 peserta didik di kelas 3 yang terdiri 11 perempuan dan 11 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan angket minat baca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Lets Read dapat meningkatkan minat baca peserta didik secara signifikan. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi aktivitas peserta didik selama siklus I dan II yakni meningkat dari 37% menjadi 59% yang termasuk kategori sangat aktif selama pembelajaran. Selain itu peningkatan minat baca peserta didik juga terlihat dari angket yang diberikan kepada peserta didik setelah pembelajaran seperti tingkat minat baca “rendah” peserta didik menurun dari 27% menjadi 18%, tingkat minat baca “sedang” pun menurun dari 46% menjadi 32%, sedangkan pada tingkat minat baca “tinggi” meningkat dari 27% menjadi 50%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Lets Read efektif dalam meningkatkan minat baca peserta didik di kelas 3 SD Lab School FIP UMJ.


Full Text:

PDF

References


Artana, I Ketut. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. ACARYA PUSTAKA, 2(1), 1-13

Farhani, F., Prasetyawan, A., Widyartono, D., & Malang, U. N (2022). Persepsi Orang Tua terhadap Aplikasi Lets Read Digital. Jurnal kajian perpustakaan dan informasi, 6, 108-123.

KominfoJatim.go.id (2023, 24 Juli) Guru Besar FISIP Unair Soroti Pengaruh Gadget terhadap Minat Baca Anak. Diakses pada 09 Juli 2024, dari https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/guru-besar-fisip-unair-soroti-pengaruh-gadget-terhadap-minat-baca-anak.

Parnawi, Afi (2020) Penelitian Tindakan Kelas “Classroom Action Research”. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Rahim, Farida. (2005). Pengajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rinawati, A. Mirnawati, L. B & Setiawan, F. (2020) Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal: Jurnal Education Research and Development, 4(2), 85-96

Ritonga, R., Iskandar, R., Ridwan, Y., & Aji, R. H. S. (2021) Penelitian Tindakan Kelas: Strategi Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Buana Pusaka.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ