Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 5 SD Lab School FIP UMJ

Rima Putri Mentari, Hastri Rosiyanti

Abstract


Salah satu yang dibutuhkan dibutuhkan pada abad ke-21 adalah kreativitas anak. Guru memiliki peran penting dalam mengasah kreativitas mereka selama proses pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kreativitas siswa pada proses belajar IPAS melalui model pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada tiap siklus, kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan. Yang menjadi sasaran adalah semua peserta didik kelas 5.1 di SD Lab School FIP UMJ berjumlah 25 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Alat yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar observasi dan penilaian produk hasil kreativitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan kreativitas peserta didik secara signifikan. Peningkatan ini terlihat dari indikator kreativitas yang meningkat sebesar 35% dari siklus I ke siklus II, serta peningkatan nilai produk sebesar 11%. Pada siklus I, nilai rata-rata tingkat kreativitas adalah 47% dan nilai ketuntasan produk sebesar 74%, sementara pada siklus II, nilai rata-rata tingkat kreativitas meningkat menjadi 82% dengan nilai ketuntasan produk sebesar 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PJBL efektif meningkatkan kreativitas peserta didik, terutama dalam kemampuan menerapkan ide-ide dalam bentuk produk nyata

Full Text:

PDF

References


Hasnawati, N. (n.d.). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo Increasing Student’s Creativity Differentiated Learning Strategies in PAI Learning At Sman 4 Wajo.

Muthmainnah, A., Dwi Pertiwi, A., & Rustini, T. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 41–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.7677116

Qurrota Ayuni, A., Setiawan, B., Hakim, S., Surabaya, N., & Negeri, S. (n.d.). Upaya Peningkatan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Tpack (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada Pembelajaran IPA Di SMPN 1 Jombang.

Rajagukguk, S., Sdn, U., & Medan, K. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1).

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. In Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan (Vol. 8, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ