Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Demonstrasi dan Media Kongkret di SD Aisyiyah Sukabumi
Anisa Putri Salwa, Hastri Rosiyanti, Hera Wahdah Humaira, Pratiwi Kartika Sari
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pengukuran waktu melalui metode demonstrasi dan media kongkret. Media kongkret sebagai salah satu fasilitas pembelajaran peserta didik. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media kongkret yaitu proyek pembuatan jam analog piring plastik. Selain itu, guru juga dapat menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan metode demonstrasi proses peserta didik dalam menerima pembelajaran akan lebih berkesan, sehingga membentuk pengertian dengan baik. Hal tersebut dapat dinyatakan efektif karena hasil belajar peserta didik meningkat. Melalui metode demonstrasi dan media kongkret, setelah siklus I persentase yang didapatkan sebesar 48% 13 dari 25 peserta didik kurang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan dengan baik dan setelah siklus II persentase yang didapatkan sebesar 80% 5 dari 25 peserta didik belum mencapai hasil yang diharapkan. Keberhasilan dapat dilihat dari adanya peningkatan dari hasil belajar matematika pada pengukuran waktu pada setiap siklus dan mencapai indikator keberhasilan setelah siklus II yang mencapai 80% sesuai dengan yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis PTK. Subjek penelitian ini adalah responden., subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas 1 SD Aisyiyah Sukabumi, dengan jumlah 25 peserta didik. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran pengukuran waktu dengan baik karena peserta didik dapat melihat secara langsung tiruan jam analog pada piring plastik, peserta didik dapat menyesuaikan jarum jam yang menunjukan waktu tertentu, peserta didik dapat membaca jam analog pada piring plastik yang menunjukan waktu tertentu dengan baik
References
Ina, Cut., TB Endayani., Maya Agustina. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, Vol. 5, No. 2. 2020
Aida. (2013). Metode Demonstrasi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Matematika Di Kelas II SDN 09 Sungai Sinjun, 2013. Universitas Tanjungpura Pontianak. Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1442
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, Vol. 03, No. 01.2018
Parnawi, Afi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Choitiyah, Siti. Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran waktu Menggunakan Metode Demonstrasi dan media siswa kelas II SDN Sekardangan. Diakses pada 16 April 2024.
Suyanto, Slamet. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.