Penerapan Media Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Siswa Kelas 4C SD Aisyiyah Sukabumi

Muhamad Fauzan, Hastri Rosiyanti, Hera Wahdah Humaira, Muhammad Hayun

Abstract


Berdasarkan wawancara dengan guru, siswa hanya mampu menyelesaikan persoalan matematika dengan cara dibimbing. proses kegiatan pembelajaran matematika dilakukan dengan cara menyampaikan materi,contoh soal dan mengerjakan soal latihan yang ada di buku. dari hasil tes kegiatan siswa pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB berlangsung yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 72. Dari 19 siswa hanya 8 siswa 42,10% yang dapat mencapai nilai kkm dan 11 siswa 57,89% belum mencapai kkm.penerapan media canva untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB siswa kelas 4C SD Aisyiyah Sukabumi.Penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media canva pada materi KPK dan FPB. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart (2014:19). penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus .Hasil pada pra siklus siswa yang tuntas berjumlah 8 dengan persentase 42,10%, Setelah melakukan perbaikan pada siklus I terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas berjumlah 13 dengan persentase 68,42% hasil dari perbaikan siklus I belum mencapai indikator pencapaian 80% ketuntasan, oleh Karena itu, dilaksanakan perbaikan siklus II. Setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan yakni siswa yang tuntas berjumlah 17 dengan persentase 89,47% Dengan demikian perbaikan dengan media canva dapat dikatakan berhasil karena hasil belajar mencapai tujuan yaitu dengan persentase 89,47%.

Full Text:

PDF

References


Awaliah, L. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (Gamma Ne) 2022, 175-182.

Evi Sandri, E. M. (2021). Pengembangan E-modul Bercirikan Etnomatematika Suku Simalungun Berbasis Hots pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 098167. Jurnal sekolah, 79.

Hapsari, G. P. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.

Hudayanti, D. V. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Modul Digital Interaktif Matematika Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 853-859.

Irkhamni, I. I. (2021). Pemanfaatan Canva sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 127-134.

Mahardika, A. I. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275-281.

Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.

Putri, D. K. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), 649.

Rahmatullah, R. I. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Rahmila, R. (2022). Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. QUANTUM : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188-201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ