Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 di SD Aisyiyah Sukabumi

Sulis Ainun Mardiah, Hastri Rosiyanti, Hera Wahdah Humaira, Siska Kusumawardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 4 di SD Aisyiyah Sukabumi melalui penerapan metode Show and Tell dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Show and Tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada siklus pertama, peningkatan keterampilan berbicara siswa mulai terlihat, namun belum maksimal. Setelah dilakukan perbaikan dan penyesuaian pada siklus kedua, peningkatan keterampilan berbicara siswa menjadi lebih signifikan. Metode Show and Tell terbukti efektif dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara di depan kelas dengan percaya diri, meningkatkan kemampuan mereka dalam mengorganisasi ide, serta memperkaya kosakata. Penelitian ini menyarankan agar guru lebih sering menerapkan metode Show and Tell dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.


Full Text:

PDF

References


Suarsih, c. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan metode show and tell pada pembelajaran bahasa dan sastra indonesia penelitian tindakan kelas pada siswa kelas ii di sd negeri sumurbarang kecamatan cibogo kabupaten subang tahun pelajaran. Jpg: jurnal penelitian guru fkip universitas subang, 1(01). Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/jpg/article/view/235

Nejawati, a. (2017). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan metode show and tell pada pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. Biormatika : jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 3(02). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/fkip/article/view/96

Rahmayanti, i. M., & parmiti, d. P. (2021). Penerapan metode show and tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara tema 7 indahnya keragaman di negeriku. Indonesian gender and society journal, 1(2), 50–54. Https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39086

R. S. A., agus muharam, & hisny fajrussalam. (2023). Penerapan metode pembelajaran show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di sd. Al qodiri : jurnal pendidikan, sosial dan keagamaan, 21(2), 685-693. Https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.2.685-693

Sumiyyah, mariana, b., & suwarni. (2024). Upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas v sdn 15 mataram melalui metode show and tell tahun ajaran 2023/2024 . Jurnal el-huda, 15(01), 21-26. Https://doi.org/10.59702/el-huda.v15i01.84


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ