Meningkatkan Partisipasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) pada Peserta Didik Kelas 4 SD Lab School FIP UMJ

Mechi Karima Kasipahu, Hastri Rosiyanti

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan partisipasi belajar peserta didik kelas 4 SD Lab School FIP UMJ melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament). Penelitian dilakukan dalam dua siklus penelitian tindakan kelas. Model penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan mengacu pada tahapan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas 4 SD Lab School FIP UMJ. Hasil penelitian diperoleh dengan mengumpulkan data observasi aktivitas peserta didik, dan partisipasi belajar peserta didik. Hasil observasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlaksanaan rencana pembelajaran dan keterlibatan peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2. Penerapan model pembelajaran kooperatif membantu peserta didik lebih aktif berpartisipasi dan percaya diri dalam diskusi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik. Hal ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pembelajaran yang lebih inovatif dan berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan partisipasi belajar peserta didik di lingkungan pendidikan

Full Text:

PDF

References


Gora, Winastwan, & Sunarto. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Haerullah, A., & Hasan, S. (2021). PTK & Inovasi Guru. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hennebry, M. L., Fordyce, K., & Hennebry, M.L. (2017). Cooperative learning on an international masters Cooperative learning on an international masters. Higher Education Research & Develop- ment, 0(0), 1–15. https:// doi.org/10.1080/07294360.2017.13591 50

Kemendikbud. 2022. Merdeka belajar.Tanya jawab kurikulum merdeka. Jakarta: kemendikbud RI.

Maisaroh, S. (2011). Upaya Peningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Siti Maisa- roh 1, VI(2), 150–169.

Ritonga, R., Iskandar, R., Ridwan, Y., & Aji, R. H. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Strategi pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Buana Pusaka.

Slavin, E R. (2010). Cooperative Learning Te- ori, Riset dan Praktik: Bandung, Nusa Media

Taniredja, Tukiran dkk. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ