Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Siswa di Sekolah MI Muhammadiyah Butuh Kalikajar

Rizka Laili Ramadhanti, Azmi Al bahij, Lailatul Mufidah

Abstract


Guru memiliki peran penting dalam mendorong kreativitas dan inovasi kepada para siswa di sekolah MI Muhammadiyah butuh kalikajar Wonosobo, Kreativitas dan inovatif guru dalam mengajar sangat diperlukan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas dan inovatif guru dalam mengajar di kelas terhadap peningkatan motivasi dan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode tinjauan pustaka (Library Research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kreativitas dan inovatif guru dalam mengajar dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Sehingga seorang guru harus memiliki karakteristik kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran di kelas. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kreativitas dan inovatif guru terutama faktor internal yaitu dari dalam guru itu sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor dari lingkungan. Dengan guru memiliki kreativitas dan inovatif maka pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas akan lebih variatif dan menyenangkan bagi peserta didik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Jika Peserta didik memiliki motivasi dan minat belajar yang tinggi juga akan berdampak positif terhadap hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam Pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Aras, L., Dh, S., Amran, M., & Dzikru, N. A. (n.d.). HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.

Arsana, L. K. S. (2019). Pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar Terhadap motivasi belajar siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.

Efendy, M., & Rini, A. P. (2021). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA. In Jurnal Psikologi Konseling (Vol. 18, Issue 1).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Raasyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1). Humaidi, H., & Sain, Moh. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02). 146-160.

Mauladani. Y. H. (n.d.). MENJADI GURU KREATIF, INOVATIF, DAN INSPIRATIF. Monawati, M., & Fauzi, F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Mulyasa, H. E. (2020). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif Dan menyenangkan.

Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan Kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83-96.

Oktiani, 1. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Didik. Jurnal Kependidik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ