Pengaruh Pentingnya Membangun Motivasi Belajar Siswa SD Kelas 3

Syahidah Nurislami, Azmi Al bahij, Iswan Iswan, Baryono Baryono

Abstract


Motivasi merupakan kekuatan pendorong bagi aktivitas seseorang. Motivasi merupakan kemampuan hati seseorang kepada sesuatu dengan perasaan senang karena ia merasa ada kepentingan dengan sesuatu itu. Adapun tujuan penulisan ini yaitu untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang membuat motivasi belajar peserta didik rendah dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 3 di MI Muhammadiyah Butuh Kalikajar. Metode ini bersifat kualitatif deskriptif. Sedangkan alat pengumpul data penelitian ini ialah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) faktor-faktor yang membuat motivasi belajar antara lain adalah (a) teman sejawat, (b) lingkungan, (c) sarana prasarana sekolah. (2) upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar antara lain adalah: (a) memperjelas tujuan yang ingin dicapai, (b) mengembangkan minat siswa, (c) menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, (d) menggunakan variasi metode penyajian yang menarik, (e) memberikan pujian yang wajar pada setiap keberhasilan siswa, (f) memberikan penilaian. Sedangkan hasil dari upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Butuh Kalikajar sudah berhasil namun belum maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru telah berupaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik namun hailnya belum maksimal dan harus lebih diupayakan lagi. Salah satu factor yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah guru, disini guru dituntut untuk lebih berpiawai dalam mengelola kelas supaya siswa lebih mudah lagi termotivasi. Tepatnya guru harus memiliki kompetensi-kompetensi dalam dirinya, keempat kompetensi itu ialah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Saran yang harus diperhatikan kepada sekolah ialah agar lebih memperhatikan kelengkapan sarana sekolah guna menunjang keberhasilan guru dalam proses belajar sehingga guru dan siswa dapat lebih interaktif. Kepada guru supaya lebih memperhatikan kondisi dan keadaan anak didalam kelas, apa yang dibutuhkan siswa dalam belajar guru harus tau. Kepada siswa agar lebih giat lagi dalam belajar sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, E. (2019). Home Visit Oleh Guru Atau Wali Kelas Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 3(2), 142-149.

https://repository.radenintan.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ