Pengaruh Ekstrakurikuler Kepanduan HW Dalam Membentuk Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa Sd Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang

Dissa Fadhilah Yuniarti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat disiplin siswa yang masih rendah khususnya di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler kepanduan HW terhadap Nilai Karakter Disiplin di SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang.  Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel yang digunakan probability sampling jenis simple random sampling, yaitu 114 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penilaian menunjukan terdapat pengaruh positif dan sinifikan dari ekstrakurikuler kepanduan HW terhadap nilai karakter disiplin siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji regresi sederhana yaitu nilai t hitung > t tabel sebesar 8,711 > 1,98137 dan dengan Uji Signifikansi Regresi (Uji F) nilai Fhitung > Ftabel 75,878 > 3,08 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 serta didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh ekstrakurikuler kepanduan HW terhadap nilai karakter disiplin pada siswa SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang dengan besar persentase pengaruh sebesar 40,4%.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, S., & Sutanto, T. E. (2015). Statistik Tanpa Stres. Jakarta: TransMedia Pustaka.

Al-Qur’an Surat al Ahzab Ayat 21, Al-Qur’an Hafazan dan terjemahnya. (2021).

Tim Al-Qosbah. Bandung.

Asdarina dkk. Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pencak Silat di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 07(02): 1181.

Asmani, Jamal Ma’mur (2014). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Di MA Raudlatul Muta’allimin Pacet Kabupaten Bandung. ATTAQWA: Jurnal

Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini. 1(1):21.

Fimansyah, Wira, Sulian Ekomila dan Daud. (2020). Peranan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Antropologi (SENASPA). 1(191).

Imam Musbikin. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Perpustakaan Nasional RI: Nusa Media.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 958. Sekretariat Kemendikbud. Jakarta.

Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron, Taofan Ali Achmadi. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Budi Utama.

Kwartir Pusat Hizbul Wathan. (2007). Gerakan kepanduan Hizbul wathan. Yogyakarta: Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

Kwartir Pusat Hizbul Wathan. (2007). Gerakan Kepanduan HW, Bahan Pelatihan Kursus Jaya Melati I Kepanduan Hizbul Wathan. Yogyakarta: Pusat Pengadaan Perlengkapan HW Kwartir Pusat Hizbul Wathan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ