Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dengan Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Aritmatika Sosial Sekolah Menengah Pertama

Muhamad Hafizun Rafli Ilhami, Arlin Astriyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan         pemecahan masalah matematika  siswa. Aritmatika Sosial merupakan materi yang banyak melibatkan soal yang memerlukan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika. Faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa salah satunya adalah kurangnya variasi guru dalam memilih media pembelajaran dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengaplikasikan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMPI Al-Ayaniyah Batuceper. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII dan guru matematika. Hasil dari validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 87,75%, kemudian ahli media memperoleh skor sebesar 100%, keseluruhan validasi memperoleh kriteria sangat valid. Selanjutnya tingkat praktis produk diukur dari hasil penilaian guru dan siswa.  Hasil uji coba kelas kecil diperoleh skor 91,75%, kemudian uji coba kelas besar diperoleh skor 89,85%, dan hasil uji respon guru diperoleh skor sebesar 89%, keseluruhan uji praktis memperoleh kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasia Aplikasi Android dengan Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Aritmatika Sosial Sekolah Menengah Pertama dinyatakan valid dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Suraji, Maimunah dan Sehatta Saragih. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada MateriSistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education. 4(1): 9-16.

Novitasari, D. (2016a). Pengaruh penggunaan multimedia INTERAKTIF Terhadap Kemampuan pemahaman KONSEP Matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Darmawan dan Suparman. 2019. Design of Mathematics Learning Media based on Discovery Learning to Improve Problem Solving Ability. IJOLAE: Indonesian Journal on Learning and Advanced Education.

Kumalasari, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Maharani Putri Kumalasani PGSD Universitas Muhammadiyah Malang Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Bergerak Secara Dinamis Seiring dengan Perkembangan Zaman. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1)

Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 05(1), 52–65. https://doi.org/10.36706/jbti.v5i1.7898

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Andi Rustandi, and Rismayanti. 2021. “Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda.” Jurnal Fasilkom 11(2): 57–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ