Pengaruh Pendekatan Flipped Learning Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 16 Tangerang Selatan

Syiva Rizki Amalia, Viarti Eminita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi  oleh  rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, karena  pembelajaran yang digunakan guru di kelas adalah pembelajaran konvensional. Adapun tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh pendekatan Flipped Learning pada model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 16 Tangerang Selatan. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi experimental design.Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah posttest only control group design, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 16 Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampling yang digunakan terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap pertama menggunakan purposive sampling, kemudian tahap kedua menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-9 sebagi kelas kontrol dan sampel diambil sebanyak 78 siswa dari dua kelas. Instrumen yang digunakan berupa instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk uraian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Flipped Learning pada model pembelajaran Discovery  Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 16 Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t, yaitu


Full Text:

PDF

References


Abubakar. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Agustianti,Nuryami,N.AFajriahdkk,(2022),FlisafatPendidikan Matematika,Padang Sumatera Barat:PT.Global Ekslusif Teknologi.

Aledya. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7.Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.

Althubaiti. (2023). Sample size determination: A practical guide for health researchers. Journal of General and Family Medicine, 24(2), 72- 78.

Hariati, P., Harahap, N. H., & Silalahi, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Learning (Kelas Terbalik) Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris Mahasiswa PGSD Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(2), 90-100.

Hayati, S. I., dan R.Marlina. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas vii smp pada materi bentuk aljabar di SMP it Nurul Huda Batu jaya. JPMI(jurnal pembeljaran matematika inovatif)4(4), 827-834.

Hulu, P.,O.H. Harefa dan R.N Mendrofa. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152-159.

Irawati, R. K. (2019). Pengaruh pemahaman konsep asam basa terhadap konsep hidrolisis garam mata pelajaran kimia SMA Kelas XI. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 1-6.

Ivana,F., dan Romlah.(2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. (n.p.): Deepublish.

Murjani. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Cross-border, 5(1), 687-713.

N.N.S. Hidayati, S. Hidayati., A Juwari. (2023). Peningkatan pemahaman konsep siswa kelas v pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor dengan menggunakan media pembelajaran wordwall di SDN BIBIS Kabupaten Magetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(9), 1514-1528.

H.Nurhayanti, Hendar, dan R. Kusmawati. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156-166.

Nurtamam, M. E., T. A. Santosa, Ilwandri dan A.Rahman. (2023). Meta- analysis: The Effectiveness of Iot-Based Flipped Learning to Improve Students' Problem Solving Abilities. Edumaspul: Jurnal Pendidikan,7(1), 1491-1501.

Nurul Huda, Muhammad,A. Fauzia. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahman konsep Matematis Siswa Materi Pecahan Senilai Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5769 - 5784.

Rahmadani. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas V SD Pudun Jae pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. In Forum Paedagogik 8(1), 132-148.

Roflin, dan I. A Liberty. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam penelitian kedokteran. Penerbit NEM.

Rohmah (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media game online terhadap pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 126-143.

Rosyida Husni, Ari Suryawan dan Puji Rahmawati. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA.” Borobudur Educational Review 2(1):10–22.

Rusnilawati dkk.(2022). Pelatihan Flipped Learning dengan Pendekatan STEM di SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta.Buletin KKN Pendidikan,4(2),108-122.

Safira, A. R., & A. S Ifadah. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.Sriyanto. (2017). Mengobarkan Api Matematika : pembelajaran matematika yang kreatif dan mencerdaskan. Sukabumi. 2017.

Samuel dan Dito.(2022), Model Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning dan Direct instruction, Bandung : Jawa Barat.

Setiawan., dan Febi. (2019). Kemampuan Penalaran Analogi Matematis dalam Menyelesaikan Maslah Matematika ditinjau dari gaya Berpikir Siswa SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Dilengkapi dengan perbandingan manual & SPSS Edisi Pertama . Jakarta:Kencana.

Sondang & Samuel ( 2022). Penerapan Flipped Classroom pada Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 113-127.

Sudaryono. (2021). Statistik II: Statistik Inferensial untuk penelitian.Yogyakarta : CV Andi Offset.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif.Bandung:CV Alfabeta.

Sunaryati., Tegeh., Warpala. ( 2023). Pengaruh Model Project-Based Flipped Learning Terdapat Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2), 94 - 106.

Swarjana, I. K., & SKM, M. (2022). Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian. Penerbit Andi.

Tugiman, T., Herman, H., & Yudhana, A. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(2), 1621-1630.

Ulfah, U., dan O. Arifudin. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13-22.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62.

Variani dan Agung. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Benrantuan Media mind Mapping Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 290- 302.

Wibowo, A. (2017). Uji Chi-Square pada statistika dan SPSS. Jurnal Ilmiah SINUS, 4(2),37-46.

Yusrizal dan Rahmati(2022). Pengembangan Instrumen Afektif & Kuesioner. Pale Media Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ