PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL

Novi Andri Nurcahyono, Arif Yudianto, Aritsya Imswatama

Abstract


Nilai-nilai spiritual seperti nilai-nilai keIslaman perlu untuk ditanamkan untuk mengimbangi kemajuan pesat di era globalisasi. Hal ini agar kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan tidak disalahgunakan. Matematika khususnya kalkulus diferensial merupakan salah satu materi abstrak yang dianggap jauh dari nilai-nilai spiritual. Selain itu, materi ini dianggap sulit sehingga perlu disiasati dengan pengembangan pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan pembelajaran kalkulus diferensial dengan mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi dan pengintegrasian nilai-nilai keIslaman. Metode yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan data kebutuhan mahasiswa akan pembelajaran berdiferensiasi dan integrasi nilai-nilai keIslaman. Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan menyesuaikan media, metode, dan evaluasi pembelajaran dengan profil gaya belajar mahasiswa. Sementara itu nilai-nilai keIslaman yang diintegrasikan adalah kejujuran, disiplin, kemandirian, sabar, dan tidak egois.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, F., & Doyin, M. (2015). Pengembangan Buku Pop Up Tiga Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Lingua, 11(2). 1-11.

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(8), 1913-1922.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul. Jurnal Basicedu. 6 (2), 2846-2853.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2019). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Pohan, J. E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Konteks Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Prapat. Jurnal Education and Development, 5(1), 31–34.

Simanulang, J. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi dengan Pendekatan Pendidkan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25-36

Sudaryanto, Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78-93.

Widaswara, A,H., Nuriana, R,D. & Budi, W. (2024). Systematic Literature Review : Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7, 207-215.

Yanti, N. S., Montessori, M., Nora, D., & Rafel, P. (2020). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Journal of Multidicsiplinary, 4(3), 203–207.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ