UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATERI SEGITIGA SEGIEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL PADA SISWA KELAS VIII

Devina Anindya Kirana, M. Al Ghani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP pada materi segitiga dan segiempat dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Wordwall. Materi segitiga dan segiempat merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa karena melibatkan pemahaman konsep dan penerapan rumus yang kompleks. Metode pembelajaran konvensional seringkali kurang efektif dalam menarik minat dan memfasilitasi pemahaman siswa pada materi ini. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siswa SMP di kelas VIII, total 46 siswa, adalah subjek penelitian. Tes hasil belajar, dokumentasi, wawancara, dan observasi adalah metode pengumpulan data. Wordwall adalah media pembelajaran interaktif yang digunakan dalam kelas untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan siswa secara aktif. Berbagai jenis permainan interaktif, seperti teka-teki, kuis, dan permainan papan, tersedia di Wordwall, dan dapat digunakan untuk menyampaikan pelajaran dan mengevaluasi bagaimana siswa memahami materi. Diharapkan bahwa dengan menggunakan media ini, siswa akan lebih tertarik dan termotivasi untuk mempelajari materi segitiga dan segiempat. Mereka juga akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi dan hasil belajar mereka. Hasil penelitian ini akan menawarkan solusi untuk masalah yang dihadapi siswa ketika mereka belajar tentang materi segitiga dan segiempat. Selain itu, hasil ini juga akan memberikan panduan bagi guru dan praktisi pendidikan tentang cara menggunakan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Full Text:

PDF

References


Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800.

Al-qonita, A. S., Aliputri, N. U., & Kinasih, P. P. (2023, January). Literature Review: Efektivitas Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Prosandika Unikal (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 155-162).

Arafah, A. A., & Riyanti, R. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva Bagi Guru di SDN 021 Sungai Kunjang. Community Development Journal, 4(6), 12600–12606.

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 324-332.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Aziz, A., & Gantara, P. (2021). Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 627-634.

Daryanto. 2013. Penyusunan Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar.

Yogyakarta: Gava Media.

Dewanti, S. C., & Sholihah, U. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Koordinat Kartesius di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 65-75.

Haidar, M. I., & Firmansyah. (2021). Analisis pelrtumbuhan elkonomi nelgara-nelgara aselan Analysis of elconomic growth aselan countriels. Forum Elkonomi, 23(3), 593-605

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi segitiga. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147-161.

Herawati, O., D., P., dkk. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 (1), hal 70-80.

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 33-41.

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze chase–Wordwall sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. Mediasi - Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1), 41–47.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan media Word Wall untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64-70.

Munawaroh, R. F., Rahmawati, D., Safarotunnajah, S., Putra, D. D. P., Tabroni, I., & Nitin, M. (2023). Improving the Ability to Read and Write Al-Qur’an Using the Iqra Method. Journal Emerging Technologies in Education, 1(5), 287-296.

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43.

Nurfauziyah, N., Sjaifuddin, S., & Taufik, A. N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Wordwall Pada Tema Siaga Bencana Untuk Siswa Kelas Viii Smp. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 15-23.

Nuria, S., Firman, F., & Desyandri, D. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Matematika Di SDN Percobaan Padang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2264-2273.

Putra, A., & Yulanda, Y. (2022). Kecemasan Matematika Siswa dan Pengaruhnya: Systematic Literature Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(1), 1-14.

Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Relstianty, A. (2018). Litelrasi Digital, Selbuah Tantangan Baru Dalam Litelrasi Meldia. Gunahumas, 1(1), 72-87.

Salma, A., Pratani, V. P., Syabani, M. A., Ekawati, R., & Mardiana, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Media Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3814-3823

Sari, L. N., Budiyono, B., & Febriani, E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada materi Sifat Bangun Datar Menggunakan Media Vidio Pembelajaran Interaktif dan Game Edukasi Wordwall di SD Negri Lawangan Daya 2 Pamekasan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3351-3359.

Sausan, S., Sirait, S., Salihin, S., & Siregar, R. (2024). Studi Literatur: Pemanfaatan Web Wordwall Untuk Melatih Kemampuan Computational Thinking Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(2), 190-197.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan media untuk belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).

Triyani, R. (2023). Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 40- 49.19:37

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68-83.

Yunanda Pradiani, N. P. W., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456–1469. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1503


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ