PENERAPAN SOAL HOTS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS 8.1 SMPN 3 TANGSEL PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Dinda Fitriyani, M. Al Ghani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar Siswa dengan menerapkan soal  HOTS dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini di laksanakan di SMPN 3 Tangerang Selatan. Subjek penelitian yaitu 48 siswa kelas VIII-1. Instrumen yang digunakan berupa RPP, soal tes, dan lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan penerapan soal HOTS siswa dapat meningkatkan kemampuan belajar dan  motivasi. Adapun faktor–faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa adalah siswa tidak terbiasa untuk menyelesaikan soal yang berhubungan dengan materi tersebut, siswa kurang tertarik dalam mempelajari materi segiempat, serta siswa cenderung bergantung pada bantuan guru. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan mengunakan penerapan soal Hots siswa dapat termotivasi, dan meningkatkan pemahaman siswa, dengang metode ini menimbulkan interaksi dan  Kerjasama siswa.


Full Text:

PDF

References


Azizah, N., & Purnomo, Y. W. (2018). Pengembangan instrumen soal HOTS pada materi segitiga dan segiempat untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 30-38.

Dewi, L. K., & Suherman, S. (2019). Pengaruh implementasi soal HOTS terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 83-92.

Hanifah, A., & Sari, R. P. (2020). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui implementasi soal HOTS pada siswa kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 78-87.

Kurniawan, D., & Rofiq, M. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui implementasi soal HOTS pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Matematika, 3(2), 112-123.

Rahayu, S., & Utami, A. P. (2019). Pengaruh penggunaan soal HOTS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 40-49.

Sari, R., & Indriani, I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir logis matematis melalui implementasi soal HOTS pada siswa kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 97-106.

Wibowo, A., & Nasution, A. S. (2019). Pengaruh implementasi soal HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 89-100


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ