Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Film Pendek untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Teks Ulasan di SMP Labschool FIP UMJ

Zahara Cahya Septiani, Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media film pendek sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menyimak teks ulasan pada siswa SMP Labschool FIP UMJ. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media film pendek dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan menyimak teks ulasan pada siswa. Hal ini terbukti dari hasil rerata capaian siswa pada test keterampilan menyimak teks ulasan pada pra-siklus sebesar 6,4 yang kemudian meningkat menjadi 7,1 pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 7,6 pada siklus 2. Selain itu, hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa siswa terlihat antusias dan lebih termotivasi dalam menganalisis struktur serta isi teks ulasan. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL dengan bantuan media film pendek efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak teks ulasan pada siswa khususnya kelas VII SMP Labschool FIP UMJ.


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. B., & Wardani, Y. A. (2020). Pengembangan media audio visual menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran menulis paragraf narasi pada siswa kelas VII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(4), 373-384.

Darmansyah, A. A., Amin, A., & Solahudin, I. (2023). Kemampuan menganalisis struktur teks ulasan cerpen pada siswa SMP melalui penggunaan media film pendek. Prosiding Serimbi, 1(2), 104-109.

Hijriyah, U. (2016), Menyimak: Stategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. Lampung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan.

Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., & Nuriyah, S. (2022). Jenis, klasifikasi dan karakteristik media pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106-113.

Puspitasari, A., & Rahmat, R. (2022). Pelatihan keterampilan menulis teks ulasan menggunakan media YouTube pada Siswa SMP Negeri 1 Sanrobone Kabupaten Takalar. Madaniya, Vol.3, No. (4), 1095-1099.

Sapriyah, S. (2019, May). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470-477.

Sukardi, I. P., & Syahrul, R. (2019). Pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks ulasan film siswa kelas XI SMA N 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8, (3), 141-150.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ